بسم الله الرحمن الرحيم الحمدلله رب العالمين¤ والصلاة والسلام عل سيدنا محمدسيد المر سلين وعل آله و صحبه اجمعين

Monday 19 October 2009

C.MUSYRIK,MUNAFI,KAFIR,DAN MURTAD

1.musyrik
Musyrik artinya mempersekutukan allah dengan sesuatu yang lain,yakni mengakui adanya tuhan selain allah atao mensejajakarkan sesuatu dengan allah,baik zat,sifat,maupun perbuatan-nya.sikap orang musyrik ini mapat memggugurkan tauhid dan merupakan dosa besar.oleh karena itu kita harus berhati hati,jangan sampai gerak hati,ucapan dan perbuatan kita terbawa ke dalam kemusyrikan.
2.munafik
Munafik,ialah orang yang mengaku iman tetapi dalam hatinya tetap ingkar,sikapnya selalu berpura pura melahirkan rasa cinta dan kasih sayang.padahal dalam hatinya senantiasa menyala kebencian dan permusuhan.
3.fasik
Fasik adalah orang yang secara sadar melakukan perbuatan durhaka yang dilarang syariat islam,namun iya masih memiliki iman.
4.kafir
Kafir adalah orang yang beriman,baik iya beragama lain atau tidak beragama sama sekali.orang ini tidak boleh di paksa memeluk agama islam.Tetapi terhadap orang ini kita wajib berdakwah dan memberi penerangan.
5.murtad
Murtad ialah orang islam yang keluar dari keislamannya.atau orang yang imanya gugur.tindakan yang membuat seseorang menjadi murtad antara lain:
1) syirik,yaitu mempersekutukan allah dengan sesuatu yang lain
2) menyangkal secara terang,terangan salah satu atao seluruh rukun iman maupun rukun islam.
3) menghina sesuatu yang dianggap mulia dan harus dimuliakan oleh agama,seperti menghina malaikat,para nabi,ayat-ayat Al-Qur'an dan sebagainya.
4) menghalalkan apa apa yang telah nyata di haramkan oleh agama.
5) mempermaikan ajaran agama,walaupun tidak sampai ke hati,baik dengan perkataan,perbuatan,maupun sikap.

http://www.ihsanulfuadi.blogspot.com

Blog Archive